Hanya milik Allah asmaa-ul husna
     face
  •   
  •  
Allah Yang Maha Menerima Taubat

Icreasefontsize decreasefontsize
معنى (ولله الأسماء الحسنى) | قواعد الإيمان بأسماء الله الحسنى وصفاته | فَٱدۡعُوهُ بِهَا | وَذَرُواْ ٱلَّذِينَ يُلۡحِدُونَ

Arti " Hanya milik Allah asmaa-ul husna"

Allah Ta"ala berfirman: Hanya milik Allah asmaa-ul husna, maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan (Q.S. al Araf:180)

Nama-nama Tuhan semuanya adalah nama-nama terpuji, Allah menyebutkannya bahwa semuanya indah, Dia berfirman: Hanya milik Allah asmaa-ul husna (nama-nama yang terindah), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan (Q.S. al Araf:180)

Ia tidak hanya indah dari sisi lafalnya tapi karena ia menunjukkan sifat-sifat sempurna, nama-nama-Nya semuanya nama-nama pujian dan pengagungan, oleh karena itu ia sangat indah, dan semua sifat-sifatnNya sempurna dan mulia, semua perbuatan-Nya mengandung hikmah, rahmat, kemaslahatan dan keadilan.

Termasuk keimanan adalah iman kepada nama-nama dan sifat-sifat Allah"Azza wa Jalla sebagimana disebutkan dalam al Qur"an dan hadits Rasulullah ﷺ yang shahih berdasarkan dua kaidah:

Kaidah pertama: Menetapkan nama-nama Allah sesuai kemuliaan-Nya tanpa merubah atau mengingkari atau mencontohkan atau menggambarkan, sesuai firman Allah Ta"ala: Tidak ada sesuatupun yang serupa dengan Dia, dan Dialah yang Maha Mendengar dan Melihat (Q.S. asy Syura:11).

Kaidah kedua: Memahami artinya dan menetapkan sifat-sifat yang terkandung dalam nama-nama-Nya tanpa ada usaha untuk mengetahui caranya, Allah berfirman: Dia mengetahui apa yang ada di hadapan mereka dan apa yang ada di belakang mereka, sedang ilmu mereka tidak dapat meliputi ilmu-Nya (Q.S. Thaha:110)

Allah"Azza wa Jalla telah menjelaskan tujuan mengenal-Nya melalui nama-nama-Nya yang Indah dan sifat-sifat-Nya yang tinggi, sebagaimana firman-Nya: Katakanlah: "Serulah Allah atau serulah Ar-Rahman. Dengan nama yang mana saja kamu seru, Dia mempunyai al asmaaul husna (nama-nama yang terbaik) (Q.S. al Isra":110)

Dan Ia berfirman: Hanya milik Allah asmaa-ul husna (nama-nama yang terindah), maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya. Nanti mereka akan mendapat balasan terhadap apa yang telah mereka kerjakan (Q.S. al A"raf:180)

Arti " maka bermohonlah kepada-Nya dengan menyebut asmaa-ul husna itu":

Berdoa dengan nama-nama Allah yang indah mencakup dua bentuk doa: doa permintaan, seperti ucapan seorang hamba: "Wahai Allah, berikanlah aku, wahai yang Maha Penyayang, sayangilah aku, wahai yang Maha Mulia, muliakanlah aku", dan doa pujian dan ibadah, seperti mengagungkan Allah dengan nama-nama dan sifat-sifat-Nya tanpa meminta sesuatu, dan pujian itu dengan hati atau lisan kepada yang Maha Besar dan Maha Tinggi yang memiliki nama-nama terindah dan sifat-sifat yang tinggi.

Arti ”dan tinggalkanlah orang-orang yang menyimpang dari kebenaran dalam (menyebut) nama-nama-Nya"

Menyimpang dalam nama-nama-Nya adalah mengingkari atau mendustakan nama-Nya yang terdapat dalam al Qur"an atau menyerupakan nama-nama-Nya dengan sesuatu dari ciptaan-Nya atau memberi nama dan sifat untuk-Nya dengan sesuatu yang tidak pantas baginya dan tidak ada dalil dari firman Allah atau sabda Nabi-Nya Muhammad ﷺ yang menyebutkannya.

   
Subscibe